Jenis Bahan Kain

Mengenal Jenis Bahan Kain Untuk Seragam Kerja

Jenis bahan kain – Seragam merupakan salah satu elemen penting bagi setiap instansi atau perkantoran. Pemilihan bahan kemeja kerja menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Selain berpengaruh terhadap kenyamanan kerja, pemakaian kemeja yang nyaman juga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.

Kenyamanan kemeja kerja juga sangat dipengaruhi oleh kain kemeja yang nyaman. Bagi Anda yang ingin memesan konveksi baju kemeja misalnya kemeja, berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk kemeja kerja.

Katun

Kain katun tipe knitting atau rajut menggunakan bahan dasar yang berasal dari serat kapas. Kain dari bahan katun ini menawarkan beberapa keunggulan di antaranya adalah bahannya dingin, tidak mudah kusut, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu, bahan ini juga tidak luntur, tidak berbulu, dan mudah untuk disablon jika kemeja perlu disablon. Namun beberapa jenis bahan katun cukup tipis sehingga ada yang mudah robek.

Drill

Ini adalah jenis bahan yang tergolong cukup tebal. Kain ini dulunya sering digunakan untuk pembuatan kemeja militer. Dari segi kualitas dan harga, kain drill ini menyesuaikan dengan jenis bahan dasar yang digunakan. Jika kadar katunnya semakin tinggi, maka harganya akan semakin mahal.

Seperti yang diketahui bahwa kain drill ini merupakan kain yang seratnya sangat bagus untuk dijadikan sebuah kemeja. Biasanya, semakin banyak komposisi katun di sebuah kain drill, maka harga dari kain tersebut akan semakin banyak.

Nah, kain drill ini sendiri juga terdiri dari beberapa jenis, berikut adalah rinciannya :

  • Kain Drill Serat Kecil atau Twist Drill

Nah, untuk jenis kain ini adalah kain yang cukup tahan air.  Nah, karena keunggulannya itu, bahan ini seringkali digunakan sebagai sebuah bahan untuk pembuatan jaket almamater yang biasanya disertai dengan aksesoris seperti misalnya resleting. Jenis bahan ini akan sangat baik pula jika digunakan untuk kegiatan outdoor. Apalagi jika perusahaan Anda diisi oleh banyak pekerja lapangan.

  • Kain drill serat sedang atau American drill
READ  Tips Cara Merawat Baju Kerja Tambang Supaya Lebih Awet

Nah, jenis kain drill yang kedua adalah American drill. Nah, biasanya permukaan kain ini dikenal dengan teksturnya lembut. Nah, biasanya yang menggunakan bahan ini merupakan seseorang yang bekerja di perusahaan otomotif. Bahan ini mungkin paling familiar karena sering di pakai oleh konveksi seragam seperti https://konveksi.co untuk pembuatan berbagai macam kemeja seragam.

  • Kain drill dengan serat besar atau lebih dikenal dengan japan drill

Nah yang terakhir adalah jenis kain japan drill dimana jenis kain ini memiliki karakteristik yang lebih tebal dan lebih kuat. Biasanya japan drill ini memiliki kualitas katun yang baik. Selain itu, jenis japan drill juga memiliki serat yang bagus dan warnanya cukup cerah serta tidak mudah pudar saat sedang terpapar sinar matahari.

Tropical

Beberapa jenis kemeja kantor banyak yang menggunakan jenis bahan ini. Ada beberapa merek bahan tropical yang tersedia di pasaran. Dari banyaknya merek yang ada bahan yang bagus adalah taipan tropical. Bahan ini memiliki karakteristik kain yang lembut dan tersedia dalam pilihan warna yang beragam. Bahkan pilihan warna yang tersedia hingga 150 macam. Untuk harganya, kain ini dijual dengan harga sekitar Rp 36 ribuan. Jadi banyak perusahaan besar biasanya memilih bahan ini untuk pembuatan kemeja karyawannya

Kanvas

Bahan yang satu ini termasuk dalam kategori cotton atau lebih tepatnya linen dan katun. Bahan kanvas menawarkan tekstur yang cukup tebal dan berat. Walaupun demikian,bahan ini tetap nyaman dikenakan untuk kemeja, khususnya untuk kemeja kemeja lapangan. Selain digunakan untuk kemeja, bahan ini juga sering digunakan untuk jaket pendaki gunung karena mampu melindungi tubuh dengan resiko goresan benda keras seperti batu atau benda lainnya

Castilo

Ini adalah bahan drill yang berkualitas bagus tetapi dibanderol dengan harga yang masih terjangkau. Bahan ini memiliki karakteristik tahan kusut dan lembut. Bahan ini memiliki permukaan yang berbeda di bagian belakang dan depan. Jenis bahan ini juga memiliki tenunan yang lebih rapat dan kuat sehingga dipastikan kemeja kemeja dari bahan ini lebih kuat dan awet.

READ  Perbedaan Printing Dan Polyflex Dalam Membuat Sablon Baju

Oxford

Jenis bahan kain kemeja selanjutnya yang sering digunakan adalah Oxford. Bahan yang satu ini memiliki karakteristik berupa benang yang lebih tipis dan kecil dibandingkan dengan kain drill. Keunggulan bahan Oxford adalah serat benang yang tipis dan ringan sehingga tetap nyaman saat dipakai. Selain itu harga kain ini juga lebih terjangkau dibandingkan kain drill.

Kekurangan bahan oxford adalah area yang dibordir akan terkesan lebih berkerut sehingga mengurangi keindahan kemeja. Solusi untuk mengatasi kekurangan ini adalah menggunakan bordir dengan metode badge atau bordir tempel. Jadi bordir sudah dibuat di kain lain selanjutnya dijahit di kain oxford