perbedaan printing dan polyflex

Perbedaan Printing Dan Polyflex Dalam Membuat Sablon Baju

Dalam pembuatan sebuah kaos atau baju ada yang memakai sablon, ada juga yang memakai bordir untuk membuat gambar desain. Dan dengan berkembangnya jaman dan teknologi, semula yang hanya ada sablon manual yang dikerjakan tangan manusia, sekarang muncul sablon digital dengan menggunakan komuputer untuk menjalankannya diantaranya adalah sablon polyflex dan sablon printing sublimasi. Lantas apa perbedaan printing dan polyflex? Berikut penjelasannya

Sablon Polyflex

perbedaan printing dan polyflex

Sablon ini pengerjaannya mirip dengan membuat sticker dimana bahan polyflex di cutting dengan mesin membentuk sebuah desain dan kemudian di tempelkan pada bahan kain atau kaos lalu di press dengan panas tertentu. Dengan di press ini maka polyflex menempel pada kaos.

Jadi pembuatan desain yang akan di cetak sebelumnya di buat di komputer dengan aplikasi corel. Komputer terdapat software yang menghubungkan ke mesin cutting. Jadi mesin cutting membaca data dari komputer.

Kelebihan dari polyflex adalah hasilnya rapi dan presisi, pengerjaannya sangatlah cepat. Namun sablon polyflex ini tidak bisa membuat desain dengan gambar yang sangat kecil dan gradasi warna atau dengan banyak warna. Jadi bisa untuk membuat gambar yang simple saja.

Untun cara merawat baju dengan sablon polyflex haruslah hati-hati saat pencucuainnya. Sablon polyflex bisa lepas jika di kucek keras dan juga bisa rusak jika di seterika.

Penggunaan sablon polyflex ini biasa kita temui untuk pembuatan nama dan nomor punggung pada jersey bola dan futsal. Namun juga sering untuk pesanan kaos satuan.

Sablon Printing Sublimasi

perbedaan printing dan polyflex

Sesuai dengan namanya sublimasi, sablon ini terjadi karena adanya proses sublimasi dari gambar yang sebelumnya di kertas setelah di panaskan menempel pada kain.

Ini adalah sablon yang modern, menggunakan mesin printer yang besar dengan tinta yang secara khusus untuk sublimasi ke kain. Pengoperasiannya hampir sama dengan polyflex yaitu semua di buat di komputer dan mesin printer membaca data dari komputer.

Kelebihan dari sublimasi ini adalah bisa membuat gambar dengan banyak warna dan juga gradasi. Bahkan bisa membuat satu baju full color atau full warna.

READ  Tips Cara Merawat Baju Kerja Tambang Supaya Lebih Awet

Warna yang di hasilkan adalah sablon mewarnai kain atau menjadi satu dengan kain sehingga sangat cocok untuk dijadikan kaos olahraga seperti untuk bikin jersey futsal dimana sablon tidak menutup serat kain sehingga udara tetepa terjaga sirkulasinya.

Untuk perawatan kaos dengan sablon printing sublimasi sangatlah mudah. Bisa dikucek dengan mesin cuci sekalipun dan juga boleh diseterika.

Jika menggunakan tinta yang asli dari jepang, maka sablon printing ini akan awet bertahun tahun dan tidak mudah luntur.

Dengan sablon printing ini maka memungkinkan kita untuk berkreasi dalam hal desain. Bisa menggunakan gambar orang, gambar 3d maupun gambar dengan kerumitan yang sangat tinggi.

Yang Mempengaruhi Hasil Sablon Digital

Hasil mesin sablon digital ini sangat di pengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah kualitas dari alat prodduksi tersebut karena kualitas mesin sablon satu dengan yang lainnya akan berbeda

Berikut beberapa referensi mesin yang hasilnya bagus

Mesin Cetak MIMAKI

Merj mesin print ini sudah tidak perlu di ragukan lagi kualitasnya. Mesin buatan jepang ini jika dipadukan dengan tinta maka hasilnya akan bagus

Penggunaan mesin ini membuat jersey hasil produksi kami dapat diaplikasikan dengan warna yang lebih beragam dan hasil cetakannya pun sama persis dengan desain awalnya. Proses pencetakan awal dilakukan di atas kertas khusus terlebih dahulu baru kemudian mencetak di atas media kain yang dipilih.

Mesin Press Dengan Panas Tinggi

Proses pengepresan dilakukan dengan mesin dengan daya yang tinggi akan menghasilkan panas yang maksimal sehingga press dari kertas ke kain akan maksimal perpindahan warnanya. Proses ini juga disebut dengan transfer cetak. Proses pemindahan desain dari kertas ke kain inilah yang membuat jersey dari kami tidak panas karena tinta tidak langsung menempel pada kain.

Tidak seperti sablon manual yang tidak menyatu dengan bahan, printing jersey dengan sublim menghasilkan desain atau warna yang menyatu dengan bahan dan tahan lama. Dengan proses sublimasi atau printing jersey anda dapat menggunakan warna sebebas dan sebanyak mungkin. Tren jersey yang berkembang saat ini adalah desain gradasi. Campuran antara dua atau lebih warna dalam satu kaos jersey.